Tutorial Membuat Panel Surya di Rumah

      Tak ada komentar pada Tutorial Membuat Panel Surya di Rumah

Sekarang ini, panel surya telah banyak dimanfaatkan seiring dengan semakin menipisnya energi fosil dan bumi yang terus menerus mengalami pemanasan global. Panel surya merupakan perangkat yang dapat mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik. Selain lebih murah, penggunaan panel surya ini juga ramah lingkungan sehingga perlu dikembangkan lebih jauh lagi.

Lalu bagaimana Anda bisa membuat panel surya sederhana di rumah dengan mudah dan langkah yang benar? Cara membuat panel surya secara sederhana sebenarnya cukup simpel, apabila Anda telaten. Berikut ini beberapa cara membuat solar cell yang sederhana di rumah seperti penjelasan dibawah ini.

Membuat Panel Surya Sederhana di Rumah Sendiri

Untuk membuat panel surya secara sederhana, Anda bisa menggunakan bahan selain dari silikon. Misalnya cuprous oxide (wikipedia.org) yang banyak dijual di toko besi. Bahan ini memiliki kegunaan yang sama dengan material silikon, yaitu mampu memberikan efek photoelectric. Efek photoelectric ini mampu merubah cahaya menjadi aliran listrik melalui satu material.

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat panel surya sederhana di rumah antara lain.
– 1 lembar lembaran tembaga mengkilat
– 2 buah capit buaya
– 1 buah micro ammeter
– 1 buah kompor listrik
– 1 buah botol plastik bening
– 2 sdm garam meja
– 1 buah ampelas atau sikat kawat
– 1 buah gunting
– Air

Tutorial membuat panel surya yang sederhana di rumah

Jika Anda sudah menyiapkan bahan-bahan diatas dengan lengkap dan tidak ada yang ketinggalan, kini saatnya Anda menerapkan langkah-langkah yang akan kami jelaskan seperti berikut.

1. Cuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum memegang bahan-bahan pembuat panel surya. Hal ini dilakukan untuk membuat panel surya sederhana agar tidak ada lemak atau minyak yang akan menempel di tangan Anda.

2. Potong kawat tembaga dengan ukuran yang sama dengan ukuran panel pemanas yang ada di dalam kompor listrik dengan menggunakan gunting.

3. Kawat tembaga yang sudah dipotong kemudian dibersihkan dengan menggunakan ampelas atau sikat kawat, sehingga tidak ada kotoran yang dapat menghambat proses penyerapan energi matahari.

4. Setelah kawat tembaga dibersihkan, letakkan kawat tembaga di atas kompor listrik dan bakar bakar dengan voltase tertinggi.

5. Anda dapat melakukan proses pembakaran ini selama 30 menit hingga lapisan tembaga berubah warna menjadi hitam.

6. Saat proses pembakaran selesai, diamkan terlebih dahulu lapisan tembaga tadi hingga dingin alami kurang lebih 20 menit. Setelah dingin, lapisan tembaga tersebut akan berkerut, hal itu mendandakan bahwa lapisan oksida menyusut.

7. Cara membuat panel surya sederhana yang selanjutnya adalah dengan mencuci dan menggosok tembaga secara perlahan di bawah air yang mengalir. Dalam proses ini, usahakan untuk tidak meregangkan lapisan tembaga karena dapat merusak lapisan oksida corpus yang dibutuhkan untuk membuah panel surya sederhana.

8. Langkah selanjutnya untuk membuat panel surya sederhana adalah memotong lembaran tembaga yang ukurannya disesuaikan dengan tembaga pertama. Setelah itu, tekuk kedua lembaran tembaga, tembaga pertama dan kedua lalu masukkan kedalam botol plastik. Usahakan kedua tembaga tidak bersinggungan satu sama lain.

9. Pasang capit buaya pada lembaran tembaga pertama dan pada lembaran tembaga kedua, kemudian pasangkan kabel dari tembaga kedua ke terminal positif dan kabel dari tembaga pertama yaitu yang telah dibakar ke terminal negatif dari ammeter.

10. Selanjutnya, masukkan air garam yang telah dipanaskan kedalam botol dengan hati-hati dan usahakan jangan sampai membasahi capit buaya. Perlu diperhatikan bahwa ukuran air garam tidak boleh menenggelamkan seluruh plat tembaga.

11. Uji panel surya sederhana yang telah berhasil Anda buat dengan meletakkan di bawah sinar matahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *